Lucia Karina Jadi UN Global Compact SDG Pioneer 2024, Gencarkan Aksi untuk Capai SDGs di Dunia Bisnis

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 00:30 WIB
loading...
Lucia Karina Jadi UN...
Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) bersama dengan UN Global Network Compact Indonesia (IGCN) menggelar acara SDG Pioneer 2024. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) bersama dengan UN Global Network Compact Indonesia (IGCN) menggelar acara SDG Pioneer 2024 bertajuk "The Role of Business in Advancing the SDGs through Mindset Transformation".

Dengan fokus pada percepatan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) melalui pemberdayaan dan pelatihan profesional generasi muda, IGCN bersama CCEP Indonesia ingin memberikan inspirasi sekaligus mengajak sektor bisnis lainnya turut berkomitmen untuk melaksanakan dan mencapai SDGs, dengan menyadari bahwa setiap tindakan yang dilakukan dapat memberikan dampak positif bagi bumi.

Acara yang berlangsung pada Kamis, 24 Oktober 2024, di Square One Function Hall, Jakarta dan dibuka oleh Josephine Satyono selaku Executive Director IGCN. Kemudian dilanjut oleh Neha Das selaku Head, Asia & Oceania, UN Global Compact dan Vivi Yulaswati, Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, serta beberapa narasumber inspiratif.

Mengingat pentingnya praktik bisnis berkelanjutan, Program SDG Pioneers menjadi wadah apresiasi bagi pemimpin sebagai role model bagi para profesional untuk memperkuat komitmen kolektif guna mencapai SDGs untuk masa depan yang adil dan berkelanjutan. SDG Pioneers merupakan penghargaan terhadap para profesional yang berdedikasi dalam mendorong dan berinovasi dalam solusi pencapaian SDGs melalui teknologi, inisiatif, dan model bisnis baru sesuai dengan 10 Prinsip UN Global Compact.

“Di Indonesia setiap tahun kita mempromosikan leaders untuk diberikan apresiasi oleh UN Global Compact. Saat ini sebetulnya sudah banyak para profesional yang memiliki pengalaman dan kemampuan mendorong bisnisnya untuk berkontribusi lebih banyak bagi masyarakat. Jadi selain bisnisnya profitable, tapi juga bermanfaat bagi masyarakat. Oleh sebab itu, SDG Pioneers ini hadir untuk mengapresiasi mereka, sekaligus menginspirasi para leaders di dunia ini agar bisa lebih banyak berkontribusi," kata Josephine.



Di tahun ini, UN Global Compact memberikan apresiasi SDG Pioneer 2024 kepada Lucia Karina yang kini menjabat sebagai Public Affairs, Communications, and Sustainability Director, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia. Karina mewakili salah satu dari 12 negara dan 6 benua, dengan representasi Asia dan Oceania hanya terdiri dari 2 orang.

Karina menunjukkan komitmennya terhadap SDGs dalam pengelolaan air, tanggung jawab lingkungan, dan pengembangan masyarakat, yang dapat menjadi contoh bagi para pemimpin bisnis agar dapat berperan dan menginspirasi tindakan di tingkat global.

“Kunci utama sebetulnya di dalam mendorong perusahaan-perusahaan tersebut itu adalah komitmen dari para pemegang saham. Kedua adalah leaders yang memimpin strategi. Leader itu harus mempunyai empati dan melayani. Dengan kita melayani, kita akhirnya menggabungkan prinsip keberlanjutan dan berusaha menjadi role model. Poin yang terpenting adalah dikembalikan lagi ke manusia. Kita sebagai manusia punya tanggung jawab terhadap generasi masa depan. Kita harus benar-benar menjaga integritas kita supaya bumi yang kita akan tinggalkan ini adalah bumi yang sama saat kita dilahirkan," jelas Karina.

Lebih lanjut, Karina juga menegaskan hal-hal seperti ini harus didorong oleh pemimpin-pemimpin yang punya integritas, mengadopsi, keberlanjutan di dalam setiap regulasi yang ada, memahami keberlanjutan, dan membangun masyarakat inklusif yang juga punya pemahaman keberlanjutan yang sama. Sehingga dapat berjalan beriringan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0784 seconds (0.1#10.140)